Senin, 05 Juni 2017

Tulisan

UKM DALAM BIDANG GAMES DI INDONESIA

       Industri kreatif di Indonesia sedang happening , terutama dibidang kreatif permainan. Kreatif permainan sendiri pun belum terlalu banyak di Indonesia. Saya ambil contoh dari negara Amerika yang memiliki banyak publisher untuk industri permainan , saya melihat GDP Amerika dan yang membuat GDP Amerika besar salah satunya adalah di bidang kreatif permainan. Di Indonesia sekarang ini sedang mengalami pengembangan untuk era digital , dimana setiap orang yang memiliki ide kreatif dibidang digital khususnya permainan. 
Kreatif permainan sendiri pun sangat bergantung dengan kualitas sumber daya manusia. Dengan rendahnya presentase kreatif permainan di Indonesia , saya ingin menaikan kreatif permainan di indonesia dengan cara mempuat produk game. Yang saya akan buat adalah permainan platform android dan ios. Basis produk game yang akan saya buat mempunyai genre yang bermacam macam, contohnya adalah Advanture , indie puzzle , educational dll. Alasan saya memilih untuk memilih dibidang kreatif permainan Karena sekarang adalah zamannya digital , dimana setiap orang rata rata mempunyai smartphone dan bermain game di smartphone.
Yang akan saya lakukan adalah meminta kerja sama kepada teman teman saya yang memiliki pengetahuan cukup dibidang kreatif permainan. Tempat yang akan saya gunakan untuk memulai membuat game yaitu Rumah saya sendiri , Karena saya mempunyai komputer dan laptop yang memadai. Untuk harga produknya kita gratis dan bisa di download oleh semua pengguna smartphone android maupun ios di Indonesia maupun di luar Indonesia. Kami mengambil keuntungan dari iklan yang sudah di jasakan oleh android maupun ios. Cara kami mempromosikan produk kami dengan cara mengiklankan produk kami di layanan iklan google maupun apple untuk permainan dan juga saya akan mencari publisher lain untuk kerjasamanya saling memasarkan produknya satu sama lain. 
         4P
1.      Product
Product dengan basis game adventure , indie puzzle educational dll
2.      Place
Rumah saya sendiri
3.      Price
Free  dengan pemasukan dari iklan
4.      Promotion
Mengiklankan produk kami di layanan iklan google maupun apple untuk permainan dan juga saya akan mencari publisher lain untuk kerjasamanya saling memasarkan produknya satu sama lain.

Target pasar
Hal terpenting yang perlu dilakukan saat menentukan target pasar adalah membuat segmentasi pasar. Dalam pengertian sederhana, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pengelompokkan tertentu pelanggan potensial Anda berdasarkan kemiripan tertentu. Cara praktis menentukan target pasar adalah dengan memilih segmentasi pasar yang tepat. Berikut ini adalah langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar:

Pilih Lokasi yang Menjadi Target Pasar

Pertama adalah tentang geografis. Tentukanlah lokasi mana saja yang dijangkau oleh bisnis Anda. Ada banyak cara untuk menentukan lokasi yang akan menjadi target pasar. Misalnya berdasarkan kota, kabupaten, provinsi, atau bisa juga berdasarkan radius. Jangan mendefinisikan target lokasi terlalu umum atau luas. Kesalahan ini biasanya terjadi pada toko online yang hanya menyebutkan “Seluruh Indonesia” sebagai target pasarnya. Pemilihan lokasi target pasar tidak sama dengan lokasi mana yang dijangkau oleh kurir pengiriman barang Anda. Jika toko online Anda memang melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia, minimal buatlah prioritas lokasi yang Anda bidik. Membuat prioritas lokasi akan memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran produk.

Tentukan Karakteristik Demografi Pelanggan

Setelah faktor geografi selanjutnya adalah demografi. Kelompokan pelanggan potensial Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, agama, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya. Anda tidak perlu menggunakan semua contoh di atas, yang penting sudah mendefiniskan siapa pelanggan potensial Anda.

Cari Tahu Bagaimana Psikologis Pelanggan

Segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis atau psikografis ini adalah segmentasi yang paling banyak ragamnya. Kepribadian, kebiasaan, sikap, dan cara pengambilan keputusan adalah beberapa faktor psikografis yang bisa menjadi segmentasi pasar tersendiri. Menargetkan anak-anak “alay” misalnya, itu adalah contoh segmentasi psikografis
    

Tokoh yang menginspirasi
       Tokoh yang menginspirasi saya untuk terjun ke dunia kreatif permainan adalah Shigeru Miyamoto. Beliau menurut saya adalah “Father of Modern Gaming” dengan gamenya yang berjudulMario dan Donkey Kong. Beliau adalah salah satu orang yang membuat  industry kreatif permainan menjadi popular didunia. Hasil karyanya telaah menginspirasi banyak orang termaksud saya.







Kelompok :
        Cindyta Meidiana ( 21216629 )
      Dwi Fajar Wati ( 22216182 )
        Shifa Baity N ( 27216007 )

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar